16/08/13

contoh Makalah karya seni 2 dimensi

Filled under: ,

SENI RUPA

Sketsa wajah




OLEH:

AGUNG KURNIAWAN (03)
XII IPA 2


SMA NEGERI 01 YOSOWILANGUN
Jl.Raya Kebonsari Kotak POS 02 Yosowilangun,
Telp.0334-390170,Fax (0334)391444,
LUMAJANG 67382

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr.Wb

Seraya memanjatkan Puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan karunianya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan karya seni 2D sketsa wajah ini.
Tujuan pembuatan laporan ini adalah agar para pembaca sekalian dapat memperoleh pengetahuan tentang bagaimana cara membuat sketsa wajah dari pelepah pohon pisang.Selain itu laporan ini dapat pula berfungsi sebagai referensi pembelajaran para siswa khususnya bidang studi seni.
Saya menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat di dalam laporan  ini, oleh karena itu saya memohon kepada para pembaca untuk dapat memberikan kritik dan saran yang tentunya membangun agar laporan ini menjadi lebih baik.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu guru dan teman-teman yang telah memberikan dorongan yang sangat berarti kepada saya dalam pembuatan laporan ini.

 Wassalamualaikum Wr.Wb.


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.................................................................      1
KATA PENGANTAR..............................................................      2
DAFTAR ISI............................................................................      3

BAB  I   PENDAHULUAN ....................................................     
A. Latar Belakang ....................................................      4
B. Tujuan .................................................................      4

BAB II   ISI..............................................................................     
A.  Desain .................................................................      5
B.  Alat dan Bahan ...................................................      5
C.  Proses..................................................................      6
          

BAB III  PENUTUP ................................................................     
               A.  Kesimpulan ........................................................      7

          
BAB 1
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang
Saya memilih menggunakan pelepah pisang , karena terinspirasi pohon pisang yang banyak tumbuh dibelakang rumah maupun diladang saya. Saya disini juga belajar bagaimana cara membuat sketsa wajah dari pelepah pohon pisang.Media yang saya gunakan adalah triplek,mengapa saya memilih triplek, karena menurut saya  mudah didapatkan .
Tapi disini saya mau belajar membuat sketsa wajah dari pelepah pisang dengan triplek sebagai medianya,dan menurut saya ini mudah dilakukan bagi kalian asalkan dengan niat sungguh-sungguh.

B.    Tujuan
1. mempelajari bagaimana cara membuat sketsa wajah dari pelepah pisang dengan teori-teori yang baik .
2.  mengetahui bagaimana cara membuat sketsa wajah  dengan teknik yang benar .




BAB 2
ISI

A.    Desain
B.   Alat Dan Bahan
1.     Pelepah pisang dengan berbagai model(mulai dari berwarna terang sampai gelap)secukupnya
2.     triplek
3.     spet maron dan clear
4.     lem kayu
5.     pensil dan penghapus
6.     gunting
7.     cutter
8.     tulang daun kelapa
9.     kayu pigora polos
10.gergaji
11.kaca





C.   Proses
1.     Pertama potong dulu triplek dengan gergaji dengan ukuran 40x60cm,lalu spet dengan warna maron.
2.     Edit gambar sunan kali jaga menggunakan photoshop,efek pensil atau yg lainnya,agar tau mana bagian gambar yang terang dan mana bagian gambar yang gelap,Lalu print gambar sunan kali jaga setelah itu sket gambar tersebut ditriplek yang sudah kering spetnya.
3.     Setelah pelepah pisang terkumpul,pilih pelepah pisang yang  putih untuk bagian terang dan coklat/hitam untuk bagian yang gelap,setelah itu gunting pelepah pisang sesuai bagian ukuran pada sket gambar ditriplek,lalu tempelkan menggunakan lem kayu(sebaiknya menempelkannya dimulai dari bagian yang terang dulu)pada bagian baju,tempeli saja hanya pada sket,dan biarkan warna maron triplek tetap terlihat,karena ini akan memeberi kesan bagus/asli seperti baju.
4.     Setelah penempelan selesai amatilah dulu tempelan tersebut,bila dilihat masih ada bagian yang kurang gelap/terang,perbaiki lagi.
5.     Setelah sketsa pelepah pisang tersebut kamu anggap sudah bagus,kini tinggal dispet dengan warna clear/anti gores,ini agar pelepah pisang tampak bersih dan mengkilap.
6.     Sambil menunggu spet kering,sekarang membuat bingkainya,pertama cari daun kelapa yang sudah kering atau yang sering disebut orang jawa dengan BLARAK,ambil tulang tengahnya saja,buang daun-daunnya,tetapi jangan dihalusi,karena motif pada potongan daun tersebutlah yang akan ditonjolkan,setelah itu potong bagian tengah atau pucuk tulang daun tersebut(lebar sekitar 5cm)dengan ukuran 60cm & 40 cm,bilah jadi 2 tengah tulang daun tersebut dengan pisau besar maka akan menjadi 4 bagian,dua bagian 60cm & dua 40cm.
7.     Setelah selesai pembuatan motif bingkai tulang daun kelapa,sekarang tinggal membuat bingkai kayunya.siapkan kayu dengan panjang kira-kira 200 meter dengan lebar 5cm dan tebal 1-2cm,potong seperti tulang daun kelapa tersebut dengan gergaji,dibagi jadi 4bagian.60cm,60cm,40cm,40cm.lalu sudutkan potongan tersebut dengan gergaji membentuk bingkai persegi,
8.     Setelah selesai paku kayu tersebut yang telah membentuk bingkai pada pojok sambungan & rekatkan dengan lem kayu,pada saat itu juga tempelkan tulang daun kelapa sebagai motif bingkai  yang sudah dipaskan dengan ukuran bingkai dengan lem kayu juga.
9.     Setelah tempelannya lem bingkai dan motif sudah rekat,sekarang tinggkal dispet clear/anti gores  agar memberi kesan bersih dan mengkilap.
10.                         Setelah spet kering,berilah gantungan pada bagian atas/terserah anda .
11.                        Lalu kini tinggal merangkainya,berilah kaca sesuai ukuran gambar,lalu paku triplek dengan bingkainya & lem dengan lem kayu,agar kuat.
12.                        Setelah selesai,spet clear lagi,dan jadi,
selamat mencoba....good luck












BAB 3
PENUTUP


A.       Kesimpulan
Berusahalah sungguh-sungguh dalam mengerjakan semua hal,agar memproleh hasil yang baik. begitu juga dengan karya ini Selama kita mau berusaha,sungguh-sungguh dan berdo’a. pasti kita akan memperoleh hasil yang kita inginkan.Dari karya diatas dapat kita simpulkan jika kita membuat sketsa wajah hanya sekedar asal-asalan,maka hasilnya pasti tidak akan maksimal & ini membutuhkan kesabaran.
Dalam membuat karya ,ketenangan hati & pikiran juga menentukan, Jika kita tenang pasti karya kita akan memperoleh hasil yang maksimal. Jika kalian membuat karya tujuannya hanya terpaksa atau ikut-ikutan teman, itu tidak benar ,tetapi buatlah suatu karya dengan ketulusan hati dan pikiran yang matang,karena dengan cara tersebut ekspresi diri akan tercipta pada karya tersebut.


Hasil karya

0 komentar:

Posting Komentar

thanks for your visit

About me

Instagram