24/02/14

Tips Persiapan menghadapi Tes Psikologi atau TPA



   oke guys berikut ini saya sampaikan sedikat acuan untuk gambaran dalam rangka menghadapi tes psikologi atau TPA yang sering kita jumpa saat  mengikuti berbagai seleksi mengikuti pendidikan seperti mau masuk ke Sekolah kedinasan,Universitas Negeri maupun Swasta atau tes seleksi mau kerja.Acuan ini diberikan oleh seseorang yang sangat berkompeten  dibidangnya yang juga sering berpartisipasi saat pemeriksaan psikologi seseorang baik di lingkungan Departemen pemerintah terutama Depdikbud. Acuan yang diberikan ini bukannya berniat membuka kode  etik psikologi karena didalamnya hanya memberikan trik atau syarat psikologi yang menjadi standart kebutuhan psikologi,mungkin sobat ada yang sudah memilikinya ataupun mengerti seputar acuan pemeriksaan ini , jadi kami sampaikan beberapa trik atau acuan yang sering dikeluarkan saat seleksi ato pemeriksaan.

1.        CARA MENGISI KORAN (PAULI).
             a.Latih (belajar) menulis angka sulit dengan cepat (angka 4,5,7,8,9).
          b.Menghitung penjumlahan angka dikoran bila ada kesalahan menghitung tidak perlu dicoret atau ditimpa sesuai arahan tim psikologi tapi lanjutkan saja sampai selesai waktuyang telah ditentukan (tapi sekali-kali ditimpa bila itu betul betul salah).
           c.Diupayakan mengisi angka 1 koran penuh bolak balik ditambah lembaran lagi (akan ada nilai tambah).
           d. Pada saat menghitung angka yang dilihat sebaiknya angka dibawahpun sudah mulai dihitung.
            e. Berlatih secara konsisten sendiri dengan bantuan rekan sebagai tandem.

2.        CARA MENJAWAB TENTANG PERTANYAAN SEPUTAR PRIBADI DAN HATI NURANI.
a.         Jangan mengikuti petunjuk atau arahan dari tim psi yang mengharapkan  kita untuk mengikuti sesuai dengan hati nurani / isi hati nurani masing-masing.
b.        Mengisi atau melingkari jawaban harus dilihat dan diberatkan dari segi kepentingan umum atau orang banyak.
            Contohnya : A.Saya suka kerja dalam kelompok.
                               B.Saya suka melakukan seks dengan lawan jenis.
Mungkin sebetulnya dalam hati kita suka pada jawaban yang B , namun jawaban A lebih bermanfaat bagi kepentingan orang banyak ketimbang jawaban B yang cenderung menguntungkan diri sendiri.Jadi harapannya kita menjawab A.

3.        CARA MENGGAMBAR ORANG.
a.         Usahakan menentukan dulu 4 titik dengan halus di bidang kertas seperti mengatur batas kiri,kanan,atas dan bawah.
b.        Usahakan menggambar orang satu badan penuh menghadap kedepan dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran kertas dan 4 titik yang sudah ditentukam sebagai patokan.
c.         Gambarlah rambut wajah , rambut , mata hidung , telinga , bibir , dagu , leher , sesuai dengan ukuran manusia tapi diproyeksikan dalam skala kertas tersebut.
d.        Gambarlah tangan orang seperti manusia normal yaitu;panjang tangan melebihi saku celana depan kanan dan kiri diusahakan tangan tersebut ada ibu jarinya dan salah satu tangan melaksanakan aktivitas seperti memegang tas.
e.         Gambarlah baju yang dipakai orang tersebut secara lengkap,yaitu;ada saku,kancing,dll yang diperlukan.
f.         Gambarlah celana panjang yang lengkap,yaitu;ada saku celana kiri dan kanan , ada resleting dan panjang celana jangan terlalu pendek/panjang,usahakan tidak menutupi sepatu,usahakan celana yang dipakailebih panjang dari tubuh atau tangan sesuaikan dengan ukuran manusia normal,dan kaki orang itu sedang bergerak/berjalan.
g.         Gambarlah dengan lengkap sepatu menghadap kedepan yaitu;ada sol sepatunya,ada lubang tali sepatu,tali sepatu.diusahakan sepatu tersebut ditutup sedikit oleh ujung celana dan menyentuh tanah.
h.        Setelah gambarnya selesai diusahakan ada variasi backgroundnya.Contoh ; jalan yang dilalui orang tersebut,ada background gunung.
i.          Pada saat menggambar diusahakan mengutamakan ballpoint jangan terlalu menekan terhadap kertas.Gambarlah secara halus dan tidak boleh dicoret ulang-ulang apalagi dihapus.Karena akan dinilai gambar kita dari belakang kertas,bila terlalu keras berarti ada unsur keterpaksaan.
j.          Belajarlah menggambar berulang-ulang sehingga sampai mahir maka nilainya akan bagus.
k.usahakan satu garis langsung jadi,dan kalau kamu cowok jangan gambar cewek dan kalau kamu cewek jangan gambar cowok

4.        CARA MENGGAMBAR BINATANG.
a.         Gambar yang paling tinggi nilainya adalah kuda,sapi kerena kedua binatang itu memiliki kemampuan untuk membantu kepentingan orang lain / umum yaitu dimanfaatkan tenaganya.
b.        Usahakan gambar binatang tersebut dengan lengkapdari samping kanan/kiri sehingga seluruh bentuk tubuhnya kelihatan dengan jelas,yaitu;mata hidung punggung,ekor,kaki,dsb.
c.         Gambarlah secara simetris.
d.        Jangan lupa menggambar background binatang tersebut.

5.        CARA MENGGAMBAR POHON.
          a.         Usahakan menggambar pohon  mangga,karena nilainya tinggi.
b.        Gambar mulai dari akar,batang ,daun,ranting dan buahnya.
c.         Usahakan gambar daun berdimensi dan bercabang itu artinya kita punya pengamatan yang detail dalam mengatasi persoalan.
d.        Gambar akar jangan kelihatan dari tanah tapi tetutup dengan tanah.
e.         Bila gambar sudah selesai usahakan beri variasi(Background),yaitu;gunung,rumput-rumputan,disekita pohon tersebut.
f. jangan gambar pohon yang tidak kuat dan kokoh,seperti pisang,padi,pepaya,dsb, dan jangan juga beringin.

6.        CARA MEMBUAT KARANGAN BEBAS.
a.         Buatlah karangan bebas tentang apa saja yang dianggap mudah untuk ditulis dan diingat,tulis dengan rapi,teratur,lurus jangan sampai bengkok,ingat yang dinilai adalah isi serta kerapihan tulisandan format karangan bebas.
b.        Buatlah judul karangan,tulisan diawali dengan alenia pertama,kedua,ketiga,kempat diakhiri dengan penutup (min 4 alinea).
c.         Diusahakan buat karangan kerangan bebas tersebut mulai dari alinea pertama pendahuluan,kedua-ketiga isi karangan,alinea terakhir adalah penutup.
d. buatlah sesuai alur,seperti deduktif ke induktif atau induktif ke deduktif.


7.          MELENGKAPI PARAGRAF(PARAGRAF KEPITING)

                         Usahakan membaca sampai kalimat terakhir atau titik dan coba pahami,jangan
             terpaku kalimat sesudahnya. contoh
            Bila surabaya adalah daerah istimewa maka isilah pertanyaan 1x4;8=. . . .                                  pertanyaan tersebut kan salah,jadi tidak perlu diisi
      


8.        MENGISI/MENYEMPURNAKAN KILIMAT YANG TELAH ADA.

            Mengisilah kalimat yang telah ada dipersoalan dengan kalimat yang konsepsional dan berwawasan luas dengan kata-kata medern dan diplomatis.
Contoh: Ayah saya seorang petani.........
Jawabannya: Ayah saya seorang petani yang profesional dan teladan karena dapat memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan yang produktif sehingga beliau dapat mendukung program pemerintah dalam swasembada pangan.

  


Semoga bermanfaat

             

Artikel Bayi Kembar dan jenis-jenisnya

Kembar



Kembar atau anak kembar adalah dua atau lebih individu yang membagi uterus yang sama dan biasanya, tapi tidak selalu, dilahirkan dalam hari yang sama. Pada manusia, ibu dengan kandungan yang membawa bayi kembar dengan demikian akan mengalami persalinan berganda dan biasanya masa mengandung yang lebih singkat (34 sampai 36 minggu) daripada kehamilan bayi tunggal. Karena kelahiran prematur biasanya memiliki konsekuensi kesehatan kepada bayi, kelahiran kembar seringkali ditangani secara khusus yang agak berbeda daripada kelahiran biasa.
Persalinan kembar adalah hal yang biasa pada hewan karena banyak hewan yang menghasilkan sel telur masak (siap dibuahi) pada saat yang sama. Hewan-hewan domestik seperti kucing, anjing, tikus, atau domba biasa memiliki anak lebih dari satu sekali melahirkan.
Jenis kembar


Perbedaan kembar dizigotik (kanan) dan monozigotik (kiri).Dilihat dari asal usul zigot, dikenal dua jenis persalinan kembar: fraternal (dizigotik) dan identik (monozigotik). Kembar dizigotik adalah hal yang umum terjadi pada vertebrata, sementara kembar monozigotik merupakan hal yang jarang dijumpai. Manusia memiliki kemampuan ini. Armadillo bergaris-sembilan (Dacypus novemcinctus) jika melahirkan selalu memiliki kembar empat monozigotik.
Kembar dizigotik atau fraternal (DZ)
Kembar dizigotik (dikenal sebagai "kembar non-identik") terjadi karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Pada manusia, proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot.Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama.Kajian juga menunjukkan bahwa bakat melahirkan kembar DZ diwariskan kepada keturunannya (bersifat genetik), namun hanya keturunan perempuan/betina yang mampu menunjukkannya (karena hanya perempuan/betina yang dapat mengatur pengeluaran sel telur).
Istilah kembar dampit diberikan bagi anak kembar dengan kelamin berbeda.Istilah kembar campuran diberikan bagi anak kembar dengan warna kulit berbeda.
Kembar monozigotik atau identik (MZ)
Kembar monozigotik terjadi ketika sel telur tunggal terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). Dalam perkembangannya, zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. Kedua embrio berkembang menjadi janin yang berbagi rahim yang sama. Tergantung dari tahapan pemisahan zigot, kembar identik dapat berbagi amnion yang sama (dikenal sebagai monoamniotik) atau berbeda amnion. Lebih jauh lagi, kembar identik bukan monoamniotik dapat berbagi plasenta yang sama (dikenal dengan monokorionik, monochorionic) atau tidak. Semua kembar monoamniotik pasti monokorionik. Berbagi amnion yang sama (atau amnion dan plasenta yang sama) dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. Contohnya, tali pusar dari kembar monoamniotik dapat terbelit sehingga mengurangi atau mengganggu penyaluran darah ke janin yang berkembang.
Kembar MZ selalu berkelamin sama dan secara genetik adalah sama (klon) kecuali bila terjadi mutasi pada perkembangan salah satu individu. Tingkat kemiripan kembar ini sangat tinggi, dengan perbedaan kadang-kadang terjadi berupa keserupaan cerminan. Perbedaan terjadi pada hal detail, seperti sidik jari. Bila individu beranjak dewasa, tingkat kemiripan biasanya berkurang karena pengalaman pribadi atau gaya hidup yang berbeda. Penelitian dari Fraga et al. (2005) mengungkap adanya pengaruh epigenetik dalam proses yang membedakan individu-individu yang kembar MZ, akibat berbedanya gen-gen yang diaktifkan. Meskipun ada pengaruh kebiasaan atau pengalaman yang memengaruhi perbedaan-perbedaan itu, ilmuwan beranggapan proses acak lebih banyak berperan dalam perbedaan-perbedaan yang terjadi. Penelitian dengan tikus bahkan menunjukkan adanya perbedaan aktivitas pada histon (terkait dengan epigenetik) dari empat sel pertama yang terbentuk.

 Hingga sekarang ilmuwan belum bersepakat mengenai adanya pengaruh genetik untuk kejadian kembar MZ. Tetapi diketahui terdapat beberapa tempat di dunia yang memiliki frekuensi kembar MZ yang lebih tinggi daripada tempat lainnya.

Kembar siam

Kembar siam adalah keadaan anak kembar yang tubuh keduanya bersatu. Hal ini terjadi apabila zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah secara sempurna. Kemunculan kasus kembar siam diperkirakan adalah satu dalam 200.000 kelahiran. Yang bisa bertahan hidup berkisar antara 5% dan 25%, dan kebanyakan (75%) berjenis kelamin perempuan.Istilah kembar siam berawal dari pasangan kembar siam terkenal Chang dan Eng Bunker (1811-1874) yang lahir di Siam (sekarang Thailand). Kasus kembar siam tertua yang tercatat adalah Mary dan Eliza Chulkhurst dari Inggris yang lahir pada tahun 1100-an.
Penyebab Kelahiran Kembar
Banyak faktor diduga sebagai penyebab kehamilan kembar. Selain faktor genetik, obat penyubur yang dikonsumsi dengan tujuan agar sel telur matang secara sempurna, juga diduga ikut memicu terjadinya bayi kembar. Alasannya, jika indung telur bisa memproduksi sel telur dan diberi obat penyubur, maka sel telur yang matang pada saat bersamaan bisa banyak, bahkan sampai lima dan enam. selain itu juga penyebab lahirnya bayi kembar siam adalah karena adanya proses pembelahan sel telur yang tidak sempurna.
Proses
Secara garis besar, kembar dibagi menjadi dua. Monozigot, kembar yang berasal dari satu telur dan dizigot kembar yang berasal dari dua telur. Dari seluruh jumlah kelahiran kembar, sepertiganya adalah monozigot. Kembar dizigot berarti dua telur matang dalam waktu bersamaan, lalu dibuahi oleh sperma. Akibatnya, kedua sel telur itu mengalami pembuahan dalam waktu bersamaan. Sedangkan kembar monozigot berarti satu telur yang dibuahi sperma, lalu membelah dua. Masa pembelahan inilah yang akan berpengaruh pada kondisi bayi kelak.Masa pembelahan sel telur terbagi dalam empat waktu, yaitu 0 - 72 jam, 4 - 8 hari, 9-12 dan 13 hari atau lebih. Pada pembelahan pertama, akan terjadi diamniotik yaitu rahim punya dua selaput ketuban, dan dikorionik atau rahim punya dua plasenta. Sedangkan pada pembelahan kedua, selaput ketuban tetap dua, tapi rahim hanya punya satu plasenta. Pada kondisi ini, bisa saja terjadi salah satu bayi mendapat banyak makanan, sementara bayi satunya tidak. Akibatnya, perkembangan bayi bisa terhambat. Lalu, pada pembelahan ketiga, selaput ketuban dan plasenta masing-masing hanya sebuah, tapi bayi masih membelah dengan baik.
Pada pembelahan keempat, rahim hanya punya satu plasenta dan satu selaput ketuban, sehingga kemungkinan terjadinya kembar siam cukup besar. Pasalnya waktu pembelahannya kelamaan, sehingga sel telur keburu berdempet. Jadi kembar siam biasanya terjadi pada monozigot yang pembelahannya lebih dari 13 hari.Dari keempat pembelahan tersebut, tentu saja yang terbaik adalah pembelahan pertama, karena bayi bisa membelah dengan sempurna. Namun, keempat pembelahan ini tidak bisa diatur waktunya. Faktor yang memengaruhi waktu pembelahan, dan kenapa bisa membelah tidak sempurna sehingga mengakibatkan dempet, biasanya dikaitkan dengan infeksi, kurang gizi, dan masalah lingkungan.
Persentase hidup
Sejumlah kesimpulan medis menyebutkan, terjadi satu kasus kembar siam untuk setiap 200 ribu kelahiran. Jadi, jika Indonesia berpenduduk 200 juta, ada peluang 1.000 kasus kembar siam!. Dari semua kelahiran kembar siam, diyakni tak lebih dari 12 pasangan kembar siam yang hidup di dunia. Saat dilahirkan kebanyakan kembar siam sudah dalam keadaan meninggal, yang lahir hidup hanya sekitar 40 persen.Dari mereka yang lahir hidup, 75 persen meninggal pada hari-hari pertama dan hanya 25 persen yang bertahan hidup. Itu pun sering kali disertai dengan kelainan bawaan dalam tubuhnya (incomplete conjoined twins). Apakah itu organ pada bagian ekstoderm, yakni kulit, hidung dan telinga, atau mesoderm yang mencakup otot, tulang dan saraf, atau bias juga indoderm, yakni bagian organ dalam seperti hati, jantung, paru dan otak.
Pembagian jenis kembar siam
Kembar siam itu sendiri yang kebanyakan berjenis kelamin perempuan, terbagi dalam beberapa jenis kasus, yang didasari posisi pelekatan keduanya.Dari seluruh kembar dempet, kebanyakan dempet terjadi pada empat anggota tubuh, yaitu dada sebanyak 40 persen, perut 35 persen, kepala 12 persen dan panggul antara enam hingga sepuluh persen.
Ada beberapa jenis kembar siam:
  • Thoracopagus: kedua tubuh bersatu di bagian dada (thorax). Jantung selalu terlibat dalam kasus ini. Ketika jantung hanya satu, harapan hidup baik dengan atau tanpa operasi adalah rendah. (35-40% dari seluruh kasus)
  • Omphalopagus: kedua tubuh bersatu di bagian bawah dada. Umumnya masing-masing tubuh memiliki jantung masing-masing, tetapi biasanya kembar siam jenis ini hanya memiliki satu hati, sistem pencernaan, diafragma dan organ-organ lain. (34% dari seluruh kasus)
    • Xiphopagous: kedua tubuh bersatu di bagian xiphoid cartilage.
  • Pygopagus (iliopagus): bersatu di bagian belakang. (19% dari seluruh kasus)
  • Cephalopagus: bersatu di kepala dengan tubuh yang terpisah. Kembar siam jenis ini umumnya tidak bisa bertahan hidup karena kelainan serius di otak. Dikenal juga dengan istilah janiceps (untuk dewa Janus yang bermuka dua) atau syncephalus.
    • Cephalothoracopagus: Tubuh bersatu di kepala dan thorax. Jenis kembar siam ini umumnya tidak bisa bertahan hidup. (juga dikenal dengan epholothoracopagus atau craniothoracopagus)
  • Craniopagus: tulang tengkorak bersatu dengan tubuh yang terpisah. (2%)
    • Craniopagus parasiticus - bagian kepala yang kedua yang tidak memiliki tubuh.
  • Dicephalus: dua kepala, satu tubuh dengan dua kaki dan dua atau tiga atau empat lengan (dibrachius, tribrachius atau tetrabrachius) Abigail dan Brittany Hensel, adalah contoh kembar siam dari Amerika Serikat jenis dicephalus tribrachius.
  • Ischiopagus: kembar siam anterior yang bersatu di bagian bawah tubuh. (6% dari seluruh kasus)
  • Ischio-omphalopagus: Kembar siam yang bersatu dengan tulang belakang membentuk huruf-Y. Mereka memiliki empat lengan dan biasanya dua atau tiga kaki. Jenis ini biasanya memiliki satu sistem reproduksi dan sistem pembuangan.
  • Parapagus: Kembar siam yang bersatu pada bagian bawah tubuh dengan jantung yang seringkali dibagi. (5% dari seluruh kasus)
  • Diprosopus: Satu kepala dengan dua wajah pada arah berlawanan.

Contoh Wawancara Dan Observasi Tentang Kenakalan Remaja


Hasil Observasi dan Wawancara
1.Nama : Moch. Fathur Rosi
    Kelas : X-2
    Alamat : Yosowilangun
    TTL : Lumajang,29 Juni 1998
Menurut  rosi cara menegur teman saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu menegur dengan kata-kata yang baik,saat berbicara nada bicaranya tidak terlalu tinggi sehingga teman-teman yang kita ingatkan tidak emosi. Per gaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam menurutnya tidak boleh melebihi batas,jangan berduaan karena ketiganya adalah syetan. Cara menyikapi perilaku menyimpang menurut rosi adalah dengan cara menguatkan iman karena apabila iman kita kuat maka kita tidak akan terhasut oleh omongan-omongan orang. Contoh perilaku terpuji yang ada disekolah  yaitu mentaati tata tertib sekolah karena dengan begitu siswa akan memiliki tanggung jawab dan kepribadian yang baik,sebaliknya contoh perilaku tercela adalah tidak mentaati tata tertib sekolah (selalu datang terlambat) akibatnya siswa akan merasa bahwa jika tidak datang terlambat kesekolah ada yang kurang dari dirinya. Sebab seorang siswa melakukan perbuatan tercela adalah faktor lingkungan termasuk teman,maka dari itu kita harus pintar memilih teman. Akibat perbuatan tercela yaitu tidak memiliki teman,karena temannya merasa jika berteman dengannya akan terpengaruh juga. Rosi juga pernah  melakukan perbuatan tercela yaitu tidak mematuhi tata tertib sekolah. Menurut rosi hampir semua siswa melakukan perbuatan tercela karena tidak ada manusia yang sempurna. Cara beradab,berakhlak dan bertata krama yang baik dalam kehidupan sehari-hari yaitu berteman akrab dengan teman-teman,tidak semena-mena terhadap teman. Karena apabila kita baik terhadap teman maka teman-teman akan baik terhadap kita.
2. Nama : Siti Rodiyah
    Kelas : X-5
    Alamat : Kraton
    TTL: Paser,31 Maret 1998
  Menurut Siti cara menegur teman yang ada disekitar kita saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu dinasehati dengan baik dan benar,diberi tahu kalau perbuatan yang dilakukan merupakan perilaku tercela dan perbuatan itu berdosa. Aturan pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam yaitu harus dibatasi dan sesuai dengan ajaran syariat islam,menjaga sikap agar tidak terjerumus pada hal-hal yang dilarang agama. Cara menyikapi perilaku menyimpang yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yaitu harus menghindari perilaku tercela itu sendiri dan menjaga diri. Contoh perilaku terpuji yaitu membantu sesama teman,bersyukur terhadap apa yang didapat,saling memaafkan,intropeksi diri. Contoh perilaku tercela yaitu syirik terhadap apa yang didapat teman,mencuri dan lain sebagainya. Penyebab siswa melakukan perilaku tercela yaitu kurangnya kasih sayang dari orang tua sehingga anak mencari perhatian,adanya kebebasan yang berlebihan dari orang tua sehingga anak menjadi brutal. Akibat perilaku tercela yang sering dilakukan oleh siswa yaitu berdosa,dikucilkan oleh teman,dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Menurutnya semua siswa pasti pernah melakukan perilaku tercela begitu pula dengan siti,dia pernah membohongi orang tuanya. Namun,kini dia menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik dan merugikan dirinya. Adab,akhlak dan tata krama yang baik yaitu sopan santun,menghargai satu sama lain,patuh dan taat. Cara bersikap yang baik terhadap orang yang lebih  tua yaitu saat berjalan didepan orang yang lebih tua harus menunduk,memberi salam dengan sopan,saat diajak berbicara tidak boleh melihat matanya harus menundukkan kepala.

3. Nama : Ninin
    Kelas XI-A1
    Alamat : Yosowilangun Kidul
    TTL: Lumajang,16 juni 1995
Menurut ninin cara menegur teman saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu harus berbicara dengan baik-baik dan mengingatkan jangan sampai melakukan perbuatan itu. Aturan pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam yaitu tidak terlalu berlebihan. Dalam syariat islam tidak ada istilah pacaran karena diharamkan melainkan ta’aruf yaitu pengenalan diri menurut norma agama yang benar. Cara menyikapi perilaku menyimpang yaitu kita harus dapat membentengi diri kita dari hal-hal yang tidak baik,dan harus menghindari perilaku tercela. Contoh perilaku terpuji yaitu melaksanakan sholat tepat waktu. Contoh perilaku tercela yaitu mencemooh orang. Sebab perilaku tercela yaitu faktor lingkungan dan yang paling berpengaruh yaitu teman-teman karena sebagian besr waktu yang kita habiskan adalah bersama teman. Akibat perilaku tercela yaitu dapat dijauhi teman dan diusilkan teman. Ninin juga pernah melakukan perilaku tercela yaitu mengolok-olok temannya. Adab,akhlak dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari yaitu sopan santun,berperilaku baik terhadap sesama dan saling toleransi. Cara bersikap kepada orang yang lebih tua adalah menghormati,patuh dan tidak membantah.

4. Nama : Achi
    Kelas : XI IPS 3
    Alamat: Krai
    TTL: Lumajang,9 Desember 1995
Menurut achi cara menegur teman saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu menasehati siswa tersebut dan harus ditegur dengan cara yang halus agar dia berhenti melakukan perbutan tersebut. Aturan pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam yaitu harus dibatasi tidak boleh melanggar dari syariat islam. Cara menyikapi perilaku yang menyimpang yaitu siswa yang berbuat menyimpang tidak boleh diikuti agar tidak menambah orang yang berperilaku buruk. Contoh perilaku terpuji yaitu sopan terhadap orang tua dan guru disekolah. Contoh perilaku tercela yaitu pada saat jam pelajaran berlangung siswa keluar tanpa izin pada guru yang mengajar. Siswa yang melakukan perbuatan tercela bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan. Akibat yang ditimbulkan dari perbuatan itu biasanya dicemooh oleh teman-temannya. Selain itu,dia bisa dikucilkan. Achi juga pernah melakukan perilaku tercela yaitu berbohong pada orang tuanya. Adab,akhlak dan tata krama yang baik yaitu sopan santun. Sikap yang baik pada orang yang lebih tua yaiu saling menghormati,tidak boleh asal bicara dan memberi salam jika bertemu.

5. Nama : Moch. Yatim khudori
    Jabatatan : Guru Bahasa Indonesia
    Alamat : Dawuhan
Menurut  Pak Yatim cara menegur  siswa yang melakukan perbuatan tercela yang pertama siswa itu dipanggil dan dinasehati. Aturan pergaulan antara laki-laki dalam syariat islam yaitu harus sesuai dengan syariat islam yang baik dan tidak boleh berduaan tanpa ad tujuan tertentu. Untuk menyikapi banyaknya siswa yang berperilaku tercela biasanya dikarenakan adanya salah didikan sejak awal yang dilakukan oleh orang tua. Contoh perilaku terpuji yang sering dilakukan siswa yaitu selalu patuh pada peraturan yang dibuat sekolah. Sedangkan perilaku tercela yaitu siswa masih ada yang melanggar tata tertib seperti terlambat sekolah,atribu tidak lengkap dan lain sebagainya. Siswa yang berperilau tercela disebabkan karena ikut-ikutan teman,kesalahan didikan oleh orang tua. Akibat yang ditimbulkan dari perbuatan tercela yaitu bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Siswa juga harus tetap menghormati guru dan mematuhi semua peraturan yang da disekolah.

6. Nama : Drs. Suryono 
    Jabatan : Guru Matematika (WAKASEK Kesiswaan)
    Alamat : Kencong
Menurut  Pak Suryono cara menegur siswa yang berperilaku tercela yaitu dengan cara dipanggil,diajak berdialog,ditanya persoalan apa yang membuatnya melakukan perbuatan tersebut. Selain itu,penyebab siswa melakukan perbuatan tersebut yaitu karenaa jiwanya sakit (tidak terkontrol),kurang kasih sayang orang tua dan mungkin juga biasa diajak teman-temannya.  Perilaku tercela yang sering dilakukan siswa yaitu jahil, iri, dengki, menghasut, mabuk, dan lain sebagainya. Akibat jika siswa melakukan perbuatan tercela yaitu jika ketahuan dikucilkan, teman tadak senang, menjadi seorang kriminalitas dan masuk penjara. Adab akhlak dan tata krama yang baik dalam islam yaitu hormat dan patuh kepada orang tua, menghargai teman, tidak mudah marah dan mampu mengendalikan emosi.



7. Nama: Rini Setyowati
    Jabatan: Guru Bahasa Inggris
    Alamat: Petung  Mangir
Menurut Bu Rini cara menegur siswa yang melakukan perbuatan tercela yaitu dengan cara dipanggil, memberi koreksi, diberi solusi yang baik, menyampaikan perilaku yang benar, dan memberi nasehat secara halus. Cara menyikapi perilaku tercela yaitu pemahaman nilai agama, etika dan tata krama, harus memberikan contoh bagaimana bersikaap baik, bersosialisasi dengan sifat positif. Perilaku tercela yang sering dilakukan siswa yaaitu panggilan buruk yang diberikan kepada teman, sering mengejek tanpa memikirkan perasaan teman dan jail. Penyebab siswa melakukan perilaku tersebut yaitu contoh teladan yang buruk dari keluarga, lingkungan sangat toleran terhaap kegiatan anak muda yang negatif, dan peran media massa bertentangan dengan agama.  Akibat dari perbuatan tersebut adalah merugikan diri sendiri dan berpengaruh terhadap kegiatan sekolah. 


Semoga bermanfaat 

Contoh Proposal Tani Kauripan Pemeliharaan Tanaman Jeruk


PROPOSAL HIBAH
KELOMPOK TANI KAURIPAN
Jl. Manggar No. 5 Desa Wringinagung Kec. Jombang Kab. Jember

Kepada Yth.
Bapak Bupati Jember
Di
      Jember


Sehubungan dengan upaya percepatan pembangunan dan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di Desa Paseban di wilayah Jember - Jawa TImur dan dalam rangka menunjang kegiatan Kelompok Tani Jeruk Kauripan, kami mengharapkan kiranya dapat diberikan bantuan dalam bentuk hibah berupa uang sebagai tambahan modal, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi kami dapat berjalan secara optimal dan berperan aktif dalam percepatan pembangunan daerah dan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di daerah.
Hibah dimaksud akan dipergunakan untuk kegiatan :
a.      Pembelian bibit jeruk
b.      Pemeliharaan tanaman jeruk
c.       Biaya sewa
Berkaitan dengan hal tersebut, kami mengharapkan kiranya berkenan untuk dapat membantuk kami dalam bentuk pemberian hibah sejumlah Rp. 20.720.000,00. (Dua puluh juta tujuh ratus dua puluh ribu rupiah). Sebagai bahan pertimbangan bapak, terlampir kami sampaikan proposal permohonan hibah dimaksud.
Demikian permohonan kami, atas perkenan dan bantuan bapak diucapkan terima kasih.

Jombang, 23 September 2011

Hormat kami,
Ketua Kelompok Tani Kauripan




(DJARWO)



Nomor             : 01/BGW/X/2011
Lampiran         : 1 (satu) bendel
Perihal             : Permohonan Bantuan Dana Hibah Untuk
                          Pemeliharaan Tanaman Jeruk

Kepada Yth.
Bapak Bupati Jember
Di
     Jember

Assalamu’alaikum wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan karunia yang tak terhingga kepada kita semua. Shalawat serta salam bagi Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan para pengikutnya sampai akhir jaman nanti yang selalu kita nantikan syafaatnya.
Kami menyambut dengan rasa syukur program-program pemerintah dalam bentuk bantuan ini yang amat bermanfaat bagi kami, terutama bagi kami sebaga petani jeruk untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan keluarga, kami sebagai salah satu kelompok tani  di Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember sangatlah berharap agar nantinya kelompok tani kami mendapatkan program bantuan dana sebesar Rp. 20.720.000,00. (Dua puluh juta tujuh ratus dua puluh ribu rupiah) dari Bapak. Permohonan program ini kami pandang perlu, karena nantinya bantuan dana tersebut kami pergunakan untuk tambahan modal dalam mengembangkan usaha dibidang pertanian khususnya pertanian jeruk. Untuk itu dengan segala kerendahan hati, kami mengajukan proposal ini.
Demikian proposal permohonan bantuan dana ini kami buat dan bantunnya kami sampaikan banyak terima kasih.
                                                                                 Jombang, 23 September 2011
           Ketua Kelompok                                                                           Sekretaris


                (DJARWO)                                                                                (SAMBANG)
                Mengetahui,                                                                                     Mengetahui,          
              Camat Jombang                                                                      Kepala Desa Wringinagung



          Drs. EDI MANSUR,M.Si.                                                                           SUKARNO
      NIP. 1964 0906 199403 1 005
BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar belakang
Usaha pertanian jeruk merupakan salah satu komoditas holtikultura yang banyak disukai masyarakat karena jeruk mengandung vitamin C dan vitamin A sebaga pelengkap utama dalam penunjang gizi keluarga, rasanya segar dan harganya juga murah jadi dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat baik dari masyarakat yang berpendapatan rendah dan masyarakat yang berpenghasilan tinggi. Selain itu jeruk juga dapat ditanam di daerah dataran rendah dan dataran tinggi.
Karena banyak disukai dan pemasarannya cukup baik, maka upaya pengembangan jeruk ini menjanjikan keuntungan bagi petani. Dengan melihat hal tersebut maka tidak menutup kemungkinan persaingan antar petani jeruk juga semakin ketat sehingga petani yang bermodal besar lebih dominan unggul dibanding kami petani jeruk yang bermodal kecil.
Menanam jeruk bagi kami bukanlah usaha sampingan melainkan suatu pekerjaan sehari-hari bagi kami, dimana itu merupakan usaha kami dalam mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan hidup kami sehari-hari. Ingin sekali kami petani kecil ini mengembangkan usaha tani ini tapi terbentur dengan kurangnya modal kami.
Sudah berbagai cara kami lakukan untuk mengembangkan usaha tani kami ini termasuk mengajukan kredit dari bank satu ke bank yang lainnya tapi sampai sekarang tidak mendapatkan hasil, dikarenakan daerah desa kami yang terpencil dan usaha kami yang juga kecil. Investor hampir tidak ada yang tertarik untuk mengembangkan usaha dalam skala kecil, karena diperlukan modal usaha yang besar, sedangkan bunga kredit tinggi. Oleh karena itu peran serta pemerintah terutama pemberian bantuan dana ini sangat kami perlukan.



BAB II
GAMBARAN PROGRAM


Program usaha pertanian jeruk ini akan dilaksanakan oleh Kelompok Tani Jeruk “KAURIPAN” di Desa Wringinagung, Kec. Jombang Kab. Jember Jawa Timur. Desa JOmbang mempunyai potensi untuk pengembangan usaha tani jeruk, baik dari segi potensi lahan maupun kultur social budaya masyarakat dalam usaha tani jeruk. Usulan pengembangan kelompok tani jeruk “Kauripan” akan didanai oleh pemerintah melalui program bantuan dana hibah ini.

2.1  Lokasi Usaha
            Kelompok tani jeruk Kauripan berada di Desa Wringinagung Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Usaha yang didirikan kelompok Tani Kauripan, berada di selatan kota Jember yang berjarak +52 KM dari pusat kota Jember.

2.2  Fasilitas
            Sekarang ini usaha yang kami kelola adalah menanam jeruk yang dimaksud sebagai mata pencaharian sehari-hari kami. Oleh karena itu pengembangan usaha ini sangat dibutuhkan dan sangat memerlukan modal besar. Untuk lahannya sendiri kami kerja sama antar anggota.

2.3  Tujuan Program Bantuan Dana
a.      Membuka peluang bagi petani jeruk untuk meningktakan taraf hidupnya dengan cara memperbaiki system pengelolaan berkelompok.
b.      Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, kemampuan wirausaha, pengembangan usaha tani jeruk.
c.       Meningkatkan produktivitas hasil panen jeruk.
d.      Menciptakan dan mengembangkan pola pertanian modern dalam menciptakan ketahanan pangan
e.      Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok tani Kauripan



2.4  Penerima Manfaat Program Bantuan Dana
Penerima manfaat langsung dari paket program bantuan dana hibah ini adalah kelompok tani Kauripan yang memiliki anggota 7 orang. Kelompok ini terbentuk atas keinginan dan motivasi bersama untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan tani jeruk.

2.5  Sasaran Program
A.      Jangka Pendek
1.      Tebentuknya kelompok tani yang memiliki manajemen usaha tani jeruk yang produktif dan berorientasi bisnis.
2.      Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pertanian jeruk.
B.      Jangka Panjang
1.      Terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan dengan pihak pemerintah
2.      Tertariknya minat dan kepercayaan pihak luar untuk berinventasi mengembangkan usaha pertanian jeruk dengan lebih modern.
3.      Berkurangnya masyarakat yang tergolong kedalam masyarakat prasejahtera.
4.      Terciptanya pemberdayaabn kelompok tani jeruk yang ideal dan dapat diterapkan dalam konteks pembangunan ketahanan pangan secara Nasional.



BAB III
ANGGARAN KEGIATAN


3.1 Rencana Alokasi Anggaran
            Rencana alokasi anggaran usaha pertanian jeruk sebagai berikut :

Tabel 1.1 Rencana Alokasi Anggaran

No
Uraian
Harga Satuan (Rp.)
Jumlah
Satuan
Jumlah (Rp)
I.
1.  Sewa Lahan
2.  Bibit Jeruk
3.  Pupuk Urea
4.  Pupuk ZA
5.  Pupuk KCL
6.  Pembelian Mesin Jetpump
7.  Pembelian Bambu Pagar
8.  Pembelian kawat tali
9.  Obat-obatan
10.             Paralon 3 dim


2.000.000
12.000
1.400
1.500
2.000
2.850.000
20.000
15.000
580.000
45.000
3
500
300
600
200
1
45
10
1
40
Tahun
Batang
Kg
Kg
Kg
Unit
Batang
Kg
Paket
biji

6.000.000
6.000.000
420.000
900.000
400.000
2.850.000
900.000
150.000
580.000
1.800.000
TOTAL
20.000.000

Wringinagung, 23 September 2011
Ketua                                                               Bendahara



         DJARWO                                                                         MARIYATI




BAB IV
PENUTUP


Demikian proposal bantuan dana yang dibutuhkan dalam usaha dibidang pertanian khususnya tani jeruk yang telah kami buat. Harapan kami pemerintah mau mendengar dan berbuat untuk petani-petani kecil di wilayah terpencil seperti kami ini. Saya selaku ketua kelompok sangat berharap agar para wakil kita di Dewan Perwakilan Rakyat daerah dapat menjembatani aspirasi dan tuntutan serta harapan kami para petani kecil di wilayah Desa Wringinagung  Kecamatan Jombang Kabupaten Jember ini.
Meskipun dengan usaha yang terbatas, kelompok tani jeruk kami mengharap bahwa bantuan dana tersebut benar-benar terealisasi yang nantinya bisa menjadi solusi untuk memperbaiki nasib kami dimasa mendatang. Amin.

Jombang, 23 September 2011
Ketua Kalompok
KAURIPAN


DJARWO




PROFIL LEMBAGA PENGUSUL
KELOMPOK TANI JERUK
“KAURIPAN
PROGRAM USAHA PERTANIAN JERUK


1.
Nama Lembaga
KAURIPAN
2.
Alamat
Jl. Manggar No. 5 Desa Wringinagung Kec. Jombang Kab. Jember Kodepos 68168
3.
Telepon Sekretariat
081 559 995 579
4.
Jumlah anggota
7 Orang
5.
Nama Ketua Kelompok
DJARWO
6.
Rekening

7.
Judul Kegiatan
Program Pengembangan Pertanian Jeruk

Jombang, 23 September 2011

Hormat kami,
Ketua Kelompok Tani Kauripan




(DJARWO)




SUSUNAN PENGURUS
PROGRAM PERTANIAN JERUK
“KAURIPAN”

Susunan pengurus pengembangan usaha tani jeruk :
Ketua Kelompok                      : DJARWO
Sekretaris                                : SAMBANG
Bendahara                              : MARIYATI

Anggota :
1.      Marsim
2.      Slamet
3.      Sriwinarni
4.      Bayu Bagus Prasetyo
Jombang, 23 September 2011

Hormat kami,
Ketua Kelompok Tani Kauripan




(DJARWO)



KELOMPOK TANI KAURIPAN
Jl. Manggar No. 5 Desa Wringinagung Kec. Jombang Kab. Jember




Bahwa dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya guna dan berhasil guna dibidang pertanian, maka dianggap perlu untuk membentuk suatu wadah kegiatan yang berbentuk kelompok.
Maka kami berinisiatif membentuk suatu kelompok tani di Desa Wringinagung dengan nama “KAURIPAN”
Dengan demikian saya selaku ketua kelompok tani Desa Wringinagung mengharap dukungan Kepala Desa Wringinagung baik berupa petunjuk atau saran yang bermanfaat bagi kami selaku ketua kelompok guna keberhasilan kegiatan kelompok dimasa mendatang.
Kemudian mengenai bentuk kegiatannya disesuaikan dengan kondisi yang ada dilingkungan masing-masing.

Wringinagung, 21 Maret 2012
Ketua                                                               Bendahara



         DJARWO                                                                         MARIYATI


Mengetahui,
Kepala Desa Wringinagung




(SUKARNO)




SUSUNAN PENGURUS
PROGRAM PERTANIAN JERUK
“KAURIPAN”

Susunan pengurus pengembangan usaha tani jeruk :
Ketua Kelompok                      : DJARWO
Sekretaris                                : SAMBANG
Bendahara                              : MARIYATI

Anggota :
1.      Marsim
2.      Slamet
3.      Sriwinarni
4.      Bayu Bagus Prasetyo

Wringinagung, 21 Maret 2012
Ketua                                                               Bendahara



         DJARWO                                                                         MARIYATI
Mengetahui,
Kepala Desa Wringinagung




(SUKARNO)