09/02/14

Pendaftaran SNMPTN Mulai 17 Februari 2014

Filled under: , ,


  oke sahabat djurnalis ,terutama untuk sekarang yang lagi duduk dikelas 12
  •  Masa Pendaftaran SNMPTN 2014
 dilaksanakan mulai 17 Februari 2014 ini. Sama dengan pelaksanaan tahun 2013 lalu, Pendaftaran calon mahasiswa baru dilakukan secara Online melalui situs www.snmptn.ac.id tanpa dipungut biaya apapun.

   "Prinsipnya, pelaksanaan SNMPTN tahun ini sama dengan SNMPTN tahun sebelumnya ,"jelas anggota salah satu panitia SNMPTN nasional Endang istanti,kamis (6/2).
   Menurut dia , untuk mendaftar SNMPTN, Calon Mahasiswa yang mendaftar harus mengisi data nilai dari kelas 10 hingga 12, diPangkalan data sisiwa.
   Dan Sekolah (PDSS) yang ada disitus tersebut.Selanjutnya siswa bersangkutan akan mendapat nomor peserta SNMPTN."Masa pendaftaran tersebut berlangsung hingga 31 maret 2014." ujar Endang, yang juga Humas Universitas Jenderal soedirman (Unsoed) Purwokerto.
   Dalam pendaftaran tersebut , setiap siswa hanya diizinkan mendaftar di 3 program studi (prodi) di 2 Perguruan tinggi. Ini berbeda dengan yang tahu lalu , yang mengizinkan calon mahasiswa mendaftar di 4 program studi di 2 PTN.
   Endang juga menjelaskan bahwa, yang bisa mendaftar SNMPTN tersebut hanya siswa yang memang pada tahun 2014 ini masih duduk di kelas 12 SMK/SMA/MA. Bagi siswa yang lulus tahun-tahun sebelumnya , Tidak bisa mendaftar.
   "Lulusan SMK/SMA/MA Tahun lalu yang ingin mengikuti ujian masuk PTN, hanya diberi kesempatan mengikuti ujian masuk PTN melalui program seleksi SBMPTN atau ujian mandiri yang dilaksanakan masing-masing PTN." jelas dia.
   menurutnya , proses pendaftaran SNMPTN ini akan berlangsung hingga tanggal 31 maret 2014. Setelah itu akan dilakukan proses seleksi oleh panitia SNMPTN mulai tanggal 1 april hingga 26 Mei 2014. "Hasil seleksi ini , akan diumumkan pada 27 Mei 2014 ," Jelasnya.
   Selanjutnya , bagi peserta SNMPTN yang dinyatakan LULUS , diwajibkan melaksanakan registrasi pada PTN yang menerima, pada tanggal 17 Juni."Pada tanggal tersebut , juga akan dilaksanakan SBMPTN. Dengan demikian , bagi mereka yang diterima di SNMPTN tidak akan bisa mengikuti SBMPTN karena waktu registrasi dan pelaksanaan ujian dilaksanakan bersamaan." jelasnya.

  • Pendaftaran gratis 
   Pemerintah sendiri tetap menggratiskan SNMPTN 2014. Tujuannya untuk memberi kesempatan yang sama kepada lulusan SMK/SMA/MA dalam melanjutkan pendidikan ke PTN.
   Mendikbud Mohammad NUH mengatakan , Pemerintah akan menanggung semua pembiayaan pendaftaran PTN melalui jalur SNMPTN ." Urusan diterima dan tidak diterima itu ada aspek yang lain. Paling tidak kita harus membuka kesempatan yang sama. Prinsip kesamaan dalam kesempatan yang sama yang harus kita pegang."tegasnya diBandung , jawa barat seperti dilansir setkab.go.id .
   Setiap tahun,katanya , jumlah lulusan SMK/SMA/MA mencapai dua juta orang ." Kaya miskin semua sama.Punya kesempatan yang sama."katanya . SNMPTN merupakan seleksi  non-tertulis dalam pola penerimaan mahasiswa baru PTN . Seleksi dilakukan berdasarkan prestasi akademik siswa berupa nilai rapor, hasil ujian nasional(UN) dan prestasi lain.
   Data yang diperlukan dalam pendaftaran SNMPTN dimasukkan sekolah secara online melalui pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) . Yaitu , basis data yang berisikan rekam jejak sekolah dan prestasi akademik siswanya. SNMPTN 2014 akan diikuti siswa lulusan SMK/SMA/MA yang berasal dari 14 ribu sekolah diseluruh tanah air. Mereka akan bersaing memperebutkan  kursi di 63 PTN dengan total daya tampung sebesar 150 ribu.
   Dirjen pendidikan Tinggi Djoko Santoso mengatakan , jumlah tersebut masih akan ditambah lagi dengan kuota Bidikmisi sebesar 60 ribu. Sehingga total daya tampung untuk di PTN sekitar 210 ribu.
   Pada 2014 , SNMPTN memiliki kuota minimal 50 persen dari total daya tampung setiap PTN atau program studi. Sama seperti tahun sebelumnya , SNMPTN 2014 juga memberikan kesempatan khusus kepada calon mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melalui program bidikmisi serta calon mahasiswa dari daerah 3T (terluar,terdepan,tertinggal).
   Pengumuman kelulusan bisa dilihat pada tanggal 27 Mei 2014,Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melakukan pendaftaran ulang pada 17 Juni 2014 di PTN masing-masing.
   semoga informasi bermanfaat bagi sahabat djurnalis.

0 komentar:

Posting Komentar

thanks for your visit

About me

Instagram