24/02/14

Contoh Wawancara Dan Observasi Tentang Kenakalan Remaja


Hasil Observasi dan Wawancara
1.Nama : Moch. Fathur Rosi
    Kelas : X-2
    Alamat : Yosowilangun
    TTL : Lumajang,29 Juni 1998
Menurut  rosi cara menegur teman saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu menegur dengan kata-kata yang baik,saat berbicara nada bicaranya tidak terlalu tinggi sehingga teman-teman yang kita ingatkan tidak emosi. Per gaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam menurutnya tidak boleh melebihi batas,jangan berduaan karena ketiganya adalah syetan. Cara menyikapi perilaku menyimpang menurut rosi adalah dengan cara menguatkan iman karena apabila iman kita kuat maka kita tidak akan terhasut oleh omongan-omongan orang. Contoh perilaku terpuji yang ada disekolah  yaitu mentaati tata tertib sekolah karena dengan begitu siswa akan memiliki tanggung jawab dan kepribadian yang baik,sebaliknya contoh perilaku tercela adalah tidak mentaati tata tertib sekolah (selalu datang terlambat) akibatnya siswa akan merasa bahwa jika tidak datang terlambat kesekolah ada yang kurang dari dirinya. Sebab seorang siswa melakukan perbuatan tercela adalah faktor lingkungan termasuk teman,maka dari itu kita harus pintar memilih teman. Akibat perbuatan tercela yaitu tidak memiliki teman,karena temannya merasa jika berteman dengannya akan terpengaruh juga. Rosi juga pernah  melakukan perbuatan tercela yaitu tidak mematuhi tata tertib sekolah. Menurut rosi hampir semua siswa melakukan perbuatan tercela karena tidak ada manusia yang sempurna. Cara beradab,berakhlak dan bertata krama yang baik dalam kehidupan sehari-hari yaitu berteman akrab dengan teman-teman,tidak semena-mena terhadap teman. Karena apabila kita baik terhadap teman maka teman-teman akan baik terhadap kita.
2. Nama : Siti Rodiyah
    Kelas : X-5
    Alamat : Kraton
    TTL: Paser,31 Maret 1998
  Menurut Siti cara menegur teman yang ada disekitar kita saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu dinasehati dengan baik dan benar,diberi tahu kalau perbuatan yang dilakukan merupakan perilaku tercela dan perbuatan itu berdosa. Aturan pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam yaitu harus dibatasi dan sesuai dengan ajaran syariat islam,menjaga sikap agar tidak terjerumus pada hal-hal yang dilarang agama. Cara menyikapi perilaku menyimpang yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yaitu harus menghindari perilaku tercela itu sendiri dan menjaga diri. Contoh perilaku terpuji yaitu membantu sesama teman,bersyukur terhadap apa yang didapat,saling memaafkan,intropeksi diri. Contoh perilaku tercela yaitu syirik terhadap apa yang didapat teman,mencuri dan lain sebagainya. Penyebab siswa melakukan perilaku tercela yaitu kurangnya kasih sayang dari orang tua sehingga anak mencari perhatian,adanya kebebasan yang berlebihan dari orang tua sehingga anak menjadi brutal. Akibat perilaku tercela yang sering dilakukan oleh siswa yaitu berdosa,dikucilkan oleh teman,dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Menurutnya semua siswa pasti pernah melakukan perilaku tercela begitu pula dengan siti,dia pernah membohongi orang tuanya. Namun,kini dia menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu tidak baik dan merugikan dirinya. Adab,akhlak dan tata krama yang baik yaitu sopan santun,menghargai satu sama lain,patuh dan taat. Cara bersikap yang baik terhadap orang yang lebih  tua yaitu saat berjalan didepan orang yang lebih tua harus menunduk,memberi salam dengan sopan,saat diajak berbicara tidak boleh melihat matanya harus menundukkan kepala.

3. Nama : Ninin
    Kelas XI-A1
    Alamat : Yosowilangun Kidul
    TTL: Lumajang,16 juni 1995
Menurut ninin cara menegur teman saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu harus berbicara dengan baik-baik dan mengingatkan jangan sampai melakukan perbuatan itu. Aturan pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam yaitu tidak terlalu berlebihan. Dalam syariat islam tidak ada istilah pacaran karena diharamkan melainkan ta’aruf yaitu pengenalan diri menurut norma agama yang benar. Cara menyikapi perilaku menyimpang yaitu kita harus dapat membentengi diri kita dari hal-hal yang tidak baik,dan harus menghindari perilaku tercela. Contoh perilaku terpuji yaitu melaksanakan sholat tepat waktu. Contoh perilaku tercela yaitu mencemooh orang. Sebab perilaku tercela yaitu faktor lingkungan dan yang paling berpengaruh yaitu teman-teman karena sebagian besr waktu yang kita habiskan adalah bersama teman. Akibat perilaku tercela yaitu dapat dijauhi teman dan diusilkan teman. Ninin juga pernah melakukan perilaku tercela yaitu mengolok-olok temannya. Adab,akhlak dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari yaitu sopan santun,berperilaku baik terhadap sesama dan saling toleransi. Cara bersikap kepada orang yang lebih tua adalah menghormati,patuh dan tidak membantah.

4. Nama : Achi
    Kelas : XI IPS 3
    Alamat: Krai
    TTL: Lumajang,9 Desember 1995
Menurut achi cara menegur teman saat mereka melakukan perbuatan tercela yaitu menasehati siswa tersebut dan harus ditegur dengan cara yang halus agar dia berhenti melakukan perbutan tersebut. Aturan pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam syariat islam yaitu harus dibatasi tidak boleh melanggar dari syariat islam. Cara menyikapi perilaku yang menyimpang yaitu siswa yang berbuat menyimpang tidak boleh diikuti agar tidak menambah orang yang berperilaku buruk. Contoh perilaku terpuji yaitu sopan terhadap orang tua dan guru disekolah. Contoh perilaku tercela yaitu pada saat jam pelajaran berlangung siswa keluar tanpa izin pada guru yang mengajar. Siswa yang melakukan perbuatan tercela bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan. Akibat yang ditimbulkan dari perbuatan itu biasanya dicemooh oleh teman-temannya. Selain itu,dia bisa dikucilkan. Achi juga pernah melakukan perilaku tercela yaitu berbohong pada orang tuanya. Adab,akhlak dan tata krama yang baik yaitu sopan santun. Sikap yang baik pada orang yang lebih tua yaiu saling menghormati,tidak boleh asal bicara dan memberi salam jika bertemu.

5. Nama : Moch. Yatim khudori
    Jabatatan : Guru Bahasa Indonesia
    Alamat : Dawuhan
Menurut  Pak Yatim cara menegur  siswa yang melakukan perbuatan tercela yang pertama siswa itu dipanggil dan dinasehati. Aturan pergaulan antara laki-laki dalam syariat islam yaitu harus sesuai dengan syariat islam yang baik dan tidak boleh berduaan tanpa ad tujuan tertentu. Untuk menyikapi banyaknya siswa yang berperilaku tercela biasanya dikarenakan adanya salah didikan sejak awal yang dilakukan oleh orang tua. Contoh perilaku terpuji yang sering dilakukan siswa yaitu selalu patuh pada peraturan yang dibuat sekolah. Sedangkan perilaku tercela yaitu siswa masih ada yang melanggar tata tertib seperti terlambat sekolah,atribu tidak lengkap dan lain sebagainya. Siswa yang berperilau tercela disebabkan karena ikut-ikutan teman,kesalahan didikan oleh orang tua. Akibat yang ditimbulkan dari perbuatan tercela yaitu bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Siswa juga harus tetap menghormati guru dan mematuhi semua peraturan yang da disekolah.

6. Nama : Drs. Suryono 
    Jabatan : Guru Matematika (WAKASEK Kesiswaan)
    Alamat : Kencong
Menurut  Pak Suryono cara menegur siswa yang berperilaku tercela yaitu dengan cara dipanggil,diajak berdialog,ditanya persoalan apa yang membuatnya melakukan perbuatan tersebut. Selain itu,penyebab siswa melakukan perbuatan tersebut yaitu karenaa jiwanya sakit (tidak terkontrol),kurang kasih sayang orang tua dan mungkin juga biasa diajak teman-temannya.  Perilaku tercela yang sering dilakukan siswa yaitu jahil, iri, dengki, menghasut, mabuk, dan lain sebagainya. Akibat jika siswa melakukan perbuatan tercela yaitu jika ketahuan dikucilkan, teman tadak senang, menjadi seorang kriminalitas dan masuk penjara. Adab akhlak dan tata krama yang baik dalam islam yaitu hormat dan patuh kepada orang tua, menghargai teman, tidak mudah marah dan mampu mengendalikan emosi.



7. Nama: Rini Setyowati
    Jabatan: Guru Bahasa Inggris
    Alamat: Petung  Mangir
Menurut Bu Rini cara menegur siswa yang melakukan perbuatan tercela yaitu dengan cara dipanggil, memberi koreksi, diberi solusi yang baik, menyampaikan perilaku yang benar, dan memberi nasehat secara halus. Cara menyikapi perilaku tercela yaitu pemahaman nilai agama, etika dan tata krama, harus memberikan contoh bagaimana bersikaap baik, bersosialisasi dengan sifat positif. Perilaku tercela yang sering dilakukan siswa yaaitu panggilan buruk yang diberikan kepada teman, sering mengejek tanpa memikirkan perasaan teman dan jail. Penyebab siswa melakukan perilaku tersebut yaitu contoh teladan yang buruk dari keluarga, lingkungan sangat toleran terhaap kegiatan anak muda yang negatif, dan peran media massa bertentangan dengan agama.  Akibat dari perbuatan tersebut adalah merugikan diri sendiri dan berpengaruh terhadap kegiatan sekolah. 


Semoga bermanfaat 

5 komentar:

thanks for your visit

About me

Instagram