11/02/14

Contoh Proposal Dana Ternak Kambing Desa Kraton



PROPOSAL HIBAH
KELOMPOK TERNAK KAMBING GIBAS
Desa Kraton Kec. Kencong Kab. Jember

Kepada Yth.
Bapak Bupati Jember
Di
      Jember


Sehubungan dengan upaya percepatan pembangunan dan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di Desa Kraton di wilayah Jember - Jawa TImur dan dalam rangka menunjang kegiatan Kelompok Ternak Kambing Gibas, kami mengharapkan kiranya dapat diberikan bantuan dalam bentuk hibah berupa uang sebagai tambahan modal, sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi kami dapat berjalan secara optimal dan berperan aktif dalam percepatan pembangunan daerah dan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di daerah.
Hibah dimaksud akan dipergunakan untuk kegiatan :
a.      Pembelian bibit kambing
b.      Pembuatan kandang
Berkaitan dengan hal tersebut, kami mengharapkan kiranya berkenan untuk dapat membantuk kami dalam bentuk pemberian dana hibah sejumlah                    Rp. 10.050.000,00. (Sepuluh  juta lima Puluh ribu rupiah)Sebagai bahan pertimbangan bapak, terlampir kami sampaikan proposal permohonan hibah dimaksud.
Demikian permohonan kami, atas perkenan dan bantuan bapak diucapkan terima kasih.

Kraton, 05 April 2013

Hormat kami,
Ketua Kelompok Ternak  
Kambing Gibas



(SAMSUL HADI)



Nomor             : 01/BK/X/2011
Lampiran         : 1 (satu) bendel
Perihal             : Permohonan Bantuan Dana Hibah Untuk
                          Ternak Kambing
Kepada Yth.
Bapak Bupati Jember
c.q. DPRD Tk. II Jember
Di
     Jember

Assalamu’alaikum wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan karunia yang tak terhingga kepada kita semua. Shalawat serta salam bagi Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan para pengikutnya sampai akhir jaman nanti yang selalu kita nantikan syafaatnya.
Kami menyambut dengan rasa syukur program-program pemerintah dalam bentuk bantuan ini yang amat bermanfaat bagi kami, terutama bagi kami sebaga peternak kambing untuk meningkatkan hasil peternakan dan kesejahteraan keluarga, kami sebagai salah satu kelompok ternak  di Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember sangatlah berharap agar nantinya kelompok ternak kami mendapatkan program bantuan dana sebesar Rp. 10.050.000,00. (Sepuluh  juta lima  Puluh ribu rupiah) dari Bapak. Permohonan program ini kami pandang perlu, karena nantinya bantuan dana tersebut kami pergunakan untuk tambahan modal dalam mengembangkan usaha dibidang peternakan khususnya ternak sapi. Untuk itu dengan segala kerendahan hati, kami mengajukan proposal ini.
Demikian proposal permohonan bantuan dana ini kami buat dan bantunnya kami sampaikan banyak terima kasih.
                                                                                 Kraton, 05 April 2013
                  Ketua Kelompok                                                                    Sekretaris

                  (SAMSUL HADI)                                                               (…………………..)
  
                        Mengetahui,                                                                                      Mengetahui,          
                       Camat Kencong                                                                          Kepala Desa Kraton
   


                          Ir. SUJONO                                                                                       ……………….
         NIP. 1963 0629 1983031 006



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Jember merupakan sebuah kota berkembang dan termasuk salah satu kota besar ke-3 di provinsi Jawa Timur, perputaran roda perekonomian di Jember kian tahun terasa semakin cepat dan pertumbuhan ekonomi di Jember semakin meningkat kita dapat melihat di pusat kota Jember dimana berdiri bangunan-bangunan pemerintah yang megah, banyak mal-mal dan pusat pertokoan yang bermunculan dan bangunan perkantoran swasta yang mulai berdiri di Jember.
Namun itu semua layaknya fatamorgana dimana kualitas dan kesenjangan ekonomi masyrakat Jember masih dipertanyakan karena masih tingginya jumlah penduduk miskin. Program-program pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan telah sering kami dengar, kami baca dan kami lihat baik dari media televise, radio dan surat kabar, namun kami penduduk desa terpencil tepatnya di desa Kraton kecamatan Kencong belum merasakan program tersebut.
Kemajuan jaman dan persaingan yang semakin ketat seakan menjadi roda besar yang terus menggilas apa saja yang ada didepannya bagi kami para peternak kambing bermodal kecil yang berada di desa Kraton Kecamatan Kencong ini. Persaingan dengan para pengusaha ternak sapi yang bermodal besar dari daerah lain membuat kami sulit dalam hal mengembangkan usaha ternak sapi kami ini.
Kemiskinan dan kecilnya usaha ternak kami membuat kami sulit mencari tambahan modal usaha lewat peminjaman kredit di bank, kami yang tergabung dalam satu kelompok ternak kambing ingin sekali merubah produk ternak kambing kami dari jenis kambing gibas dengan melihat potensi pasar yang masih besar dan dua manfaat yang dapat kami peroleh dari kambing gibas yaitu hasil berupa daging.
Dengan melihat potensi wilayah desa kami yang layak untuki berternak kambing dan profesi kami sehari-hari sebagai peternak kambing dan juga pangsa pasar yang sangat luas, sehingga ternak kambing gibas menjadi sangat menjanjikan bagi kami dalam upaya peningkatan kesejahteraan kami yang tergabung dalam kelompok ternak ini.
Bantuan pemerintah dalam hal bantuan dana sebagai program pengentasan kesmiskinan dna pengembangan usaha mikro sangat kami harapkan guna menghadapi kemajuan jaman, persaingan ekonomi, pengembangan usaha kami dan peningkatan taraf hidup anggota kelompok ternak kami.



BAB II
GAMBARAN UMUM PROGRAM


2.1 Target Wilayah Geografis
Program usaha pembibitan dan penggemukan Kambing Gibas akan dilaksanakan oleh kelompok ternak “Kambing Gibas” di Desa Kraton, Kec. Kencong Kab. Jember Jawa Timur. Desa Kraton mempunyai potensi untuk pengembangan usaha Kambing Gibas, baik dari segi potensi pakan maupun kultur social budaya masyarakat dalam memelihara Kambing Gibas. Usulan pengembangan kelompok ternak Kambing Gibas akan didanai oleh pemerintah melalui program bantuan dana ini.
Potensi pakan. Dilihat dari segi potensi sebagai sumber hijauan pakan ternak, wilayah ini mampu mencukupi kebutuhan pakan untuk populasi ternak yang ada saat ini baik pada musim kemarau maupun musim hujan. Produksi hijauan ini belum termasuk hijauan pakan budidaya, seperti rumput gajah dan leguminosa pohon yang biasa. Beberapa anggota kelompok ternak dan masyarakat lainnya telah mempunyai kebun pakan khusus yang ditanam pada tegalan atau lahan irigasi.
Potensi Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat. Dari segi social ekonomi dan budaya, masyarakat telah terbiasa melakukan budidaya ternak Kambing Gibas dengan system produksi induk anak yang sifatnya sebagai usaha sampingan. Budaya masyarakat untuk berkelompok masih sangat kuat diantaranya, kelompok tani, kelompok arisan RT, kelompok yasinan dan beberapa kelompok seni dan budaya. Kekuatan budaya  ini menjadi modal yang sangat penting sebagai modal dasar pengembangan kelompok agribisnis yang solid.
Potensi Pasar. Untuk pemasaran ternak, wilayah desa memiliki jarak yang relative dekat dengan lokasi pasar hewan dan dapat melalukan kemitraan dengan kelompok ternak yang lain dan pedagang ternak besar di wilayah kabupaten Jember.
2.2 Tujuan Program Bantuan Dana
a.      Membuka peluang bagi peternak kambing untuk meningkatkan taraf hidupnya dengan cara memperbaiki system pengelolaan berkelompok.
b.      Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, kemampuan wirausaha, pengembangan usaha ternak Kambing Gibas.
c.       Meningkatkan produktivitas hasil ternak Kambing Gibas.
d.      Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok ternak Kambing Gibas.
2.3 Manfaat Program Bantuan Dana
a.      Terjalinnya kerjasama yang berkesinambungan dengan pihak pemerintah.
b.      Tertariknya minat dan kepercayaan pihak luar untuk berinvestasi mengembangan usaha peternakan modern.
c.       Berkurangnya masyarakat yang tergolong kedalam masyarakat prasejahtera
d.      Terciptanya pemberdayaan kelompok ternak Kambing Gibas yang ideal dan dapat diterapkan dalam konteks pembangunan ketahanan pangan secara nasional.
e.      Terwujudnya kesempatan kerja dan usaha yang produktif strategis yang berbasis masyarakat bawah yang mempunyai keunggulan dan nilai jual yang komparatif dan kompetitif.
f.        Menumbuhkembangkan kesadaran dan dinamika masyarakat untuk mendayagunakan potensi diri sehingga dapat melakukan perubahan kearah yang lebih maju dan lebih baik.
g.      Peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup anggota kelompok ternak Kambing Gibas yang lebih baik lagi.
2.4 Target Penerima Manfaat Program
            Penerima manfaat langsung dari paket program tahap pertama adalah kelompok Ternak Kambing Gibas yang memiliki anggota 10 orang. Kelompok ini terbentuk atas keinginan dan motivasi bersama untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan berternak.
2.5 Pelaksanaan Program
            Program langsung dilaksanakan setelah dana bantuan kami peroleh. Secara kondisi sosio-demografis, sosio ekonomi, dan sosio budaya masyarakat, kelompok kami sudah layak mendapatkan dana bantan ini.
2.6 Teknologi yang akan Diterapkan
Teknologi yang akan diterapkan diantaranya :
a.      Teknologi Inseminasi Buatan (IB) untuk efisiensi perkawinan dan mempercepat peningkatan mutu genetic ternak.
b.      Teknologi fermentasi pakan untuk memperoleh pakan berkualitas tinggi
c.       Penggunaan pakan suplemen untuk meningkatkan daya cerna pakan dan meningkatkan pertambahan bobot harian sapi.
2.7 Output yang Diharapkan
Tabel 1. Output yang diharapkan dari berbagai komponen strategis.
Komponen Strategis
Output
Ekonomi
a.      Penambahan pendapatan sebagai anggota kelompok
b.      Peningkatan produktivitas kerja
c.       Semakin meluasnya jaringan usaha dan system pemasaran
d.      Penerapan teknologi tepat guna
Organisasi
a.      Terbentuknya kelompok  ternak yang memiliki akta pendirian
b.      Fungsi dan struktur organisasi yang berjalan dinamis
c.       Mampu membiayai kegiatan operasional
d.      Partnership
Social
a.      Peningkatan kualitas pendidikan melalui sekolah lapang dan penyuluhan
b.      Pola pikir dan etos kerja yang tinggi
c.       Pola hidup seimbang
d.      Adanya kepercayaan, kerjasama untuk mengembangkan kelompok yang maju
Ekologi
a.      Pengelolaan limbah kandang yang baik akan meningkatkan kesehatan manusia dan ternak, serta mengurangi pencemaran lingkungan
b.      Adanya konservasi secara alami
c.       Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam yang akan meningkatkan sumberdaya alam yang akan meningkatkan kesadaran dalam menjaga keutuhan dan kelestariannya.





BAB III
ALOKASI ANGGARAN

Dalam melaksanakan program bantuan dana ternak Kambing Gibas oleh Kelompok Ternak Kambing Gibas diperlukan anggaran sebagai berikut :
Tabel 1. Alokasi Anggaran
No.
Nama Barang
Jmlh.
Satuan
Harga Satuan
Total (Rp.)
1.
Pembelian bibit kambing
6
Ekor
800.000
4.800.000
2.
Pembelian pakan tambahan (fermentasi)
1
Paket
1.750.000
1.750.000
3.
Pembuatan Kandang
1
Unit
3.000.000
3.000.000
4.
Obat-obatan
1
paket
500.000
500.000

TOTAL
10.050.000

Kraton, 05 April 2013
Hormat kami,
                 Ketua Kelompok                                                       Bendahara




             (SAMSUL HADI)                                                       (…………………….)



BAB IV
PENUTUP

Demikianlah proposal bantuan dana yang dibutuhkan dalam usaha dibidang peternakan khususnya Ternak Kambing Gibas yang telah kami buat. Harapan kami pemerintah mau mendengar dan berbuat untuk peternak-peternak kecil di wilayah terpencil seperti kami ini. Juga kami selaku ketua kelompok sangat berharap agar para wakil kita di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dapat menjembatani aspirasi dan tuntutan serta harapan kami para perikanan kecil di wilayah Desa Kraton Kecamatan Kencong Kabupaten Jember ini.
Meskipun dengan usaha yang terbatas, kelompok ternak Kambing Gibas kami mengharap bahwa bantuan dana tersebut benar-benar terealisasi yang nantinya bisa menjadi solusi untuk memperbaiki nasib kami dimasa mendatang. Amin


Kraton, 05 April 2013

Hormat kami,
Ketua Kelompok Ternak Kambing Gibas




(SAMSUL HADI)



PROFIL LEMBAGA PENGUSUL
KELOMPOK TERNAK KAMBING
“GIBAS”
PROGRAM USAHA TERNAK KAMBING GIBAS


1.
Nama Lembaga
GIBAS
2.
Alamat
Desa Kraton Kec. Kencong Kab. Jember Kodepos 68167
3.
Telepon Sekretariat
082143235654
4.
Jumlah anggota
10 Orang
5.
Nama Ketua Kelompok
SAMSUL HADI
6.
Rekening

7.
Judul Kegiatan
Program Peternakan Kambing Gibas

Kencong, 05 April 2013

Hormat kami,
Ketua Kelompok Ternak
Kambing Gibas



(SAMSUL HADI)



SUSUNAN PENGURUS
KELOMPOK TERNAK KAMBING
“GIBAS”

Susunan pengurus pengembangan usaha tani jeruk :
Ketua Kelompok                      : SAMSUL HADI
Sekretaris                                : ……………
Bendahara                              : ……………

Anggota :
1.      ……………
2.      ……………
3.      …………..
4.      …………..
5.      ……………..
6.      …………..
7.      …….. …..

Kencong, 05 April 2013

Hormat kami,
Ketua Kelompok Ternak
Kambing Gibas



(SAMSUL HADI)



KELOMPOK TERNAK KAMBING GIBAS
“GIBAS”
Desa Kraton Kec. Kencong Kab. Jember



Bahwa dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang berdaya guna dan berhasil guna dibidang peternakan, maka dianggap perlu untuk membentuk suatu wadah kegiatan yang berbentuk kelompok.
Maka kami berinisiatif membentuk suatu kelompok ternak di Desa Kraton dengan nama “Gibas”
Dengan demikian saya selaku ketua kelompok Ternak Desa Kraton mengharap dukungan Kepala Desa Kraton baik berupa petunjuk atau saran yang bermanfaat bagi kami selaku ketua kelompok guna keberhasilan kegiatan kelompok dimasa mendatang.
Kemudian mengenai bentuk kegiatannya disesuaikan dengan kondisi yang ada dilingkungan masing-masing.

Kraton, 05 April 2013
Ketua                                                               Bendahara



         SAMSUL HADI                                                  …………………..


Mengetahui,
Kepala Desa Kraton




(…………………….)




SUSUNAN PENGURUS
KELOMPOK TERNAK KAMBING
“GIBAS”

Susunan pengurus pengembangan usaha tani jeruk :
Ketua Kelompok                      : SAMSUL HADI
Sekretaris                                : ……….
Bendahara                              : ……………

Anggota :
1.      ………
2.      ………..
3.      …………..
4.      …………..
5.      …………….
6.      ……………
7.      …………. ……
   
         Kraton, 05 April 2013
      Ketua                                                               Bendahara



    SAMSUL HADI                                                                       ………………….


Mengetahui,
Kepala Desa Kraton




(……………………….)



Kraton, 05 April 2013
Nomor             :
Lampiran         : 1                                                        Kepada Yth. : Bapak Bupati
Perihal             : Surat Permohonan                                                  Jember
                          Pencairan Dana                                           di-
                                                                                                      J e m b e r


Assalamu’alaikum wr.wb.
Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala karunianya dan semoga sholawat dan salam tetap dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Kami selaku Ketua Kelompok Ternak Kambing Gibas Desa Kraton Kecamatan Kencong memohon pengajuan pencairan dana kepada Bapak Bupati sesuai dengan anggaran yang telah ada dalam proposal yang sudah kami buat kepada Bapak. Dengan dana itu nantinya bisa meningkatkan usaha ternak sapi di daerah kami.
Demikian permohonan pengajuan pencairan dana ini kami buat atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak kami sampaikan terima kasih.


               Hormat kami,
Ketua                                                        Sekretaris



                       SAMSUL HADI                                              …………………..



















38 komentar:

  1. mas ijin kopi boleh, untuk di sebarkan di blog saya. nanti di kasih link sumber

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silahkan mas, semoga bermanfaat bagi orang banyak :)

      Hapus
    2. Iya silahkan mas, semoga bermanfaat bagi orang banyak :)

      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. niat yang sangat bagus mudah2an danan nya cair trim pak bupati

    BalasHapus
  3. itu proposalnya langsung di kirimlangsung ke bupati ato gmna mas

    BalasHapus
  4. Mohon ijin mengkopi proposal. untuk pengajuan di poncokusumo Malang trimakasih

    BalasHapus
  5. Mas, Mohon CoPas nya ya. untuk Usulan Kelompok Ternak Kambing didesa saya,

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Mas Agoeng izin Copy Paste, kebetulan saya mau bikin Proposal Usaha Ternak Domba....!

    BalasHapus
  8. salam gan, senang bisa berkunjung ke sini, salam all.

    BalasHapus
  9. Ijin copy paste, saya mau bikin Proposal Usaha penggemukan Ternak Domba

    BalasHapus
  10. Permisi kakak Admin

    ogel Online IndoNalo.net Terpercaya & Number Game 3D Indonesia

    Kotes SEO IndoNalo.net Total Hadiah : Rp. 30.000.000 untuk 20 orang pemenang
    Hadiah Pertama Rp 10.000.000,-
    Hadiah Kedua Rp 7.500.000,-
    Hadiah Ketiga Rp 5.000.000,-
    Hadiah Keempat Rp 2.000.000,-
    Hadiah Kelima Rp 1.000,000,-
    Hadiah Ke 6 – 10 Rp 500.000,-
    Hadiah Ke 11 – 20 Rp 200.000,-

    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 17 Agustus 2015
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 16 Oktober 2015
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 01 November 2015
    Hadiah akan dibagikan pada 02 November 2015

    BalasHapus
  11. thanks for the article information is very useful for me

    BalasHapus
  12. ijin Copy proposal kang..
    Sebelumnya mohon maaf, mau tanya apakah proposal diatas ada realisasi untuk pencairanya ? apakah anda juga ada link sponsor produsen Pakan & Nutrisi ternak kan ?

    BalasHapus
  13. Ijin copy mas. terima kasih bermanfat bagi kami..

    BalasHapus
  14. ijin copy mas . smoga sukses untuk kami

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. thanks good information,

    MANFAAT OBAT KUAT Viagra Asli PFIZER 100 MG USA ORIGINAL ADALAH ?
    OBAT KUAT VIAGRA PFIZER 100 MG USA ORIGINAL dapat membantu orang yang mengalami kesulitan mencapai ereksi, atau mempertahankan satu untuk menyelesaikan hubungan seksual yang memuaskan. Viagra Usa membantu lebih banyak darah mengalir ke penis, sehingga lebih mudah untuk mencapai ereksi dan menikmati kehidupan seks yang sehat lagi.

    DOSIS MINUM Obat Kuat VIAGRA PFIZER 100 MG USA ORIGINAL ADALAH ?
    Anda dapat membeli Pfizer Viagra Usa online 100mg dosis. Jika Anda membeli sildenafil Obat Kuat Terbaik Viagra Obat Kuat untuk pertama kalinya,Toko Jual Viagra Usa Asli Anda harus membeli dosis terendah 25 mg ( Jadi satu Tablet 100mg Dibagi Menjadi 4 atau 3 Bagian) dan kemudian mempertimbangkan untuk meningkatkan dosis Viagra Obat Kuat Terbaik Anda jika Sudah terbiasa Memakainya.

    SIAPA SAJA YANG BOLEH MENGKONSUMSI Obat Kuat Viagra PFIZER 100 MG USA ORIGINAL ?
    Viagra Usa Asli hanya harus diambil oleh pria di atas usia 15 tahun yang menderita masalah ereksi. Meskipun Original Viagra terbukti aman dalam kondisi yang paling, itu tidak ada beberapa efek samping Anda harus menyadari sebelum Anda membelinya. Beberapa yang umum dan seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran terlalu banyak.

    CARA UNTUK MENGAMBIL Obat Kuat Viagra Usa Original PFIZER 100 MG USA ORIGINAL ?
    Anda perlu mengambil pil biru sekitar satu jam sebelum hubungan seks. Pengaruh Obat Kuat Viagar Asli tetap dalam tubuh Anda selama 4 jam. Viagra Usa Original harus diambil pada waktu perut kosong bersama dengan makanan rendah kalori.
    Spesifikasi :
    Asal negara : USA
    Isi kemasan : Botol, Isi 30 pil
    Pemesanan : 082242150050 / Pin : 5f86986C

    BalasHapus
  17. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  18. Contoh Proposal Dana Ternak Kambing Desa Kraton ~ Djurnalis Mania >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Contoh Proposal Dana Ternak Kambing Desa Kraton ~ Djurnalis Mania >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Contoh Proposal Dana Ternak Kambing Desa Kraton ~ Djurnalis Mania >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK Fa

    BalasHapus

thanks for your visit

About me

Instagram